Home » » Melakukan Proses Pada Background

Melakukan Proses Pada Background

Menjalankan proses pada background CLI di ubuntu tentu bukanlah hal baru bagi pengguna ubuntu yang suka bermain dengan CLI (terminal), namun bagi pengguna baru tentu hal tersebut akan di anggap susah terutama cara untuk menghentikannya.

Perintah dasar untuk menjalankan proses pada backgroung CLI adalah dengan menambahkan tanda ampersand (&) pada akhir perintah yang di inputkan. Sebagai contoh adalah melakukan ping google.com, jika ping dilakukan pada forground tentu untuk menghentikannya sangat mudah yaitu cukup dengan menekan ctrl+c. Lalu bagaimana jika ping dilakukan pada background?

Melakukan ping pada background CLI
ping google.com &
Ping akan terus berjalan meski kita melakukan aktifitas yang lain.

Untuk menghentikannya silahkan ketikkan
jobs
kemudian perhatikan urutan proses yang berlangsung (lihat gambar dibawah)

alt

Pada gambar tersebut yang berada di dalam kotak merah tersebut adalah proses ping google yang baru saja saya lakukan, proses tersebut berada pada urutan 1

Selanjutnya ketikkan
fg %nomor urut proses
misalnya pada gambar di atas ping google berada pada urutan pertama, maka untuk menghentikan proses tersebut harus mengetikkan fg %1 kemudian tekan ctrl+z

alt 

Keterangan :
jobs = digunakan melihat proses yang sedang berjalan atau proses yang selesai dijalankan.
fg = forground

Catatan :
ketika mengetikan perintah fg %nomor urut proses tidak perlu melihat cli karena tulisan tidak teratur (lihat gambar yang bertanda garis biru dimana fg % terpisah dengan nomor urut proses). Setelah mengetikkan fg %nomor urut proses proses masih akan tetap berjalan sebelum menekan ctrl+z setelah menekan ctrl+z proses akan langsung berhenti (lihat gambar kedua yang bertanda merah).
Share this article :

0 comments:

Post a Comment


 
Proudly powered by Blogger and Google
Copyright © 2013. Masblues - All Rights Reserved
Masblues is licensed under a (cc) BY-NC-SA.
Original design by Creating Website Customized by Masblues